ARTICLES

Apa yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Diri dan Mencegah Virus Corona?

oleh Admin

Tetaplah memantau informasi terkini selama pandemi COVID-19 dari sumber terpercaya, seperti laman resmi WHO atau himbauan langsung pihak berwenang wilayah kita. Banyak negara di seluruh dunia terkonfirmasi kasus COVID-19, bahkan beberapa di antaranya sudah mewabah. Pihak berwenang di Tiongkok dan negara lain sudah berhasil menurunkan tingkat kasus maupun menghentikan wabah tersebut. Akan tetapi, situasi masih belum bisa diprediksi jadi penting bagi kita untuk selalu memantau kabar terbaru.

Kita bisa mengurangi risiko terinfeksi atau menularkan COVID-19 dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur dan menyeluruh

Mengapa? Mencuci tangan dengan sabun mampu membunuh virus yang kemungkinan menempel di tangan kita.

  • Menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain, khususnya orang yang sedang batuk atau bersin

Mengapa? Ketika seseorang batuk atau bersin, orang tersebut dapat memercikkan cairan dari hidung atau mulut yang mungkin mengandung virus. Apabila kita berada terlalu dekat, kita juga berisiko menghirup cairan tersebut.

  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut

Mengapa? Tangan kita sudah menyentuh berbagai permukaan dan ada kemungkinan virus menempel. Apabila terkontaminasi, tangan kita bisa memindahkan virus tersebut ke mata, hidung, maupun mulut. Dari sinilah, virus dapat memasuki tubuh dan menginfeksi kita. Jadi, cuci tangan terlebih dahulu itu penting!

  • Pastikan orang-orang sekitar juga sudah menjaga kebersihan dan kesehatan masing-masing. Misalnya menutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam atau tisu saat batuk atau bersin. Kemudian buang tisu dan cuci tangan segera.

Mengapa? Cairan menyebarkan virus. Dengan mengikuti langkah tersebut kita sudah melindungi orang lain dari berbagai virus seperti demam, flu, hingga COVID-19.

  • Tetap di rumah, apalagi kalau merasa tidak sehat. Apabila mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, hubungi rumah sakit berwenang. Ikuti himbauan dari pihak berwenang.

Mengapa? Pemerintah daerah dan pusat memiliki data maupun informasi paling terkini akan situasi di daerah kita. Dengan menghubungi nomor kesehatan terlebih dahulu, kita akan dituntun dengan langkah yang tepat dan rekomendasi rumah sakit rujukan. Hal ini juga akan melindungi kita dan melindungi dari penyebaran virus ataupun infeksi lainnya.

  • Tetap terinformasi tentang wilayah-wilayah penyebaran COVID-19. Bila memungkinkan, hindari bepergian, khususnya untuk orang lanjut usia, pengidap diabetes, serta orang-orang dengan risiko gangguan jantung atau paru-paru.

Mengapa? Orang dengan kondisi tersebut berisiko lebih tinggi terinfeksi COVID-19.

Perlindungan bagi orang yang sedang berada atau sehabis mengunjungi wilayah pandemi bisa dilakukan dengan cara:

  • Lakukan hal-hal yang sudah disebutkan dalam daftar di atas.
  • Lakukan isolasi diri dengan tetap berada di rumah apabila mulai merasa tidak enak badan, bahkan dengan gejala kecil sekalipun. Misalnya sakit kepala, demam ringan ( 37,3 derajat Celcius), dan agak pilek. Sangat disarankan untuk meminta bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan, seperti membeli stok makanan. Gunakan masker agar orang lain tidak tertular.

Mengapa? Menghindari kontak dengan orang lain dan menghindari kunjungan ke fasilitas kesehatan akan turut membantu fasilitas tersebut beroperasi lebih efektif dan melindungi diri dari risiko penyakit lain.

  • Apabila demam masih berlanjut, disertai batuk dan kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis karena ada kemungkinan infeksi saluran pernapasan atau kondisi serius lainnya. Hubungi saluran kesehatan lebih dulu dan beritahu petugas soal kunjungan atau kontak dengan orang lain yang pernah dilakukan.

Mengapa? Menghindari kontak dengan orang lain dan menghindari kunjungan ke fasilitas kesehatan akan turut membantu fasilitas tersebut beroperasi lebih efektif dan melindungi diri dari risiko penyakit lain.

 

Souce : https://www.who.int/

 

© 2020 Handy Clean. All Rights Reserved