ARTICLES

Ini Tips Anti Stres Selama Pandemi, Menjaga Daya Tahan Tubuh Juga Lho!

oleh Admin

Bukan hal yang baru sebenarnya, pandemi Corona bisa menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran yang bisa mendatangkan stres. Dilansir dari laman Tirto, seorang psikolog menyatakan bahwa kepanikan, cemas, dan stres dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh justru rentan penyakit, termasuk infeksi virus Corona. Jika kita sedang marah, cemas, sedih, dan tertekan, maka otak kita akan mengeluarkan hormon noradrenalin, yaitu hormon yang sangat beracun yang membuat fisik kita menjadi lemah, sakit-sakitan, cepat tua, dan cepat mematikan saraf.

Tips Anti Stres dan Tetap Sehat

Penting sekali untuk tetap berpikiran positif dan bersikap tenang agar mental kita sehat dan daya tahan tubuh juga tidak melemah. Jika ingin sehat, hormon endorfin harus banyak keluar dari dalam tubuh karena bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Hindari hal-hal yang memicu rasa panik

Hati-hati ya, media sosial bisa menjadi penguat kepanikan. Akan ada banyak informasi dan perdebatan yang mungkin terjadi. Selalu selektif dalam mengonsumsi berita, batasi waktu dan ikutilah hanya berita yang berasal dari sumber kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan. Hindari menyebarkan konten informasi yang belum terpercaya atau bahkan bisa memperburuk keadaan.

  • Tetap terhubung dengan teman dan saudara

Pandemi mungkin telah membuat kita harus melakukan physical distancing atau jaga jarak sosial dan melakukan isolasi diri di rumah. Kita perlu tetap merasa terhubung, cobalah menjadwalkan pertemuan menggunakan panggilan video bersama teman dan saudara setidaknya beberapa kali seminggu. Hal ini juga turut membantu menghilangkan stres yang ditimbulkan akibat pandemi Corona.

  • Fokus melakukan aktivitas menyehatkan

Bila merasa stres atau bosan, seseorang justru bisa memupuk kebiasaan. Maka dari itu, fokuslah pada kegiatan yang lebih bermanfaat dan membuat kita tetap sehat serta merangsang kreativitas. Lakukan aktivitas membaca buku novel, belajar bahasa asing, yoga atau pilates, dan lain-lain.

Kelola stres agar tidak berlebihan, mari berkontribusi mencegah penyebaran virus Corona penyebab COVID-19 dengan mencuci tangan pakai air dan sabun (bila tidak ada gunakan hand sanitizer), menjaga jarak, makan makanan yang bergizi dan seimbang, serta menjaga kebersihan dan kesehatan.

© 2020 Handy Clean. All Rights Reserved