ARTICLES

Tips Ampuh Mencegah COVID-19 Sesuai Aturan Resmi WHO

oleh Admin

Virus corona baru penyebab COVID-19 memiliki sifat penularan yang sangat cepat, bahkan kini telah menyebar ke lebih 180 negara. Kondisi ini menyebabkan banyak perubahan besar, khususnya dalam gaya hidup dan cara kita bersosialisasi. Seiring bertambahnya kasus baru, ada baiknya kita mengedukasi diri dan keluarga mengenai cara melindungi tubuh dari virus ini.

Bagaimana kita melindungi diri dari COVID-19

Perlu diketahui, virus corona menyebar ketika orang terinfeksi batuk dan menyebarkan percikan atau droplets yang mengandung virus ke udara. Percikan tersebut bisa terhirup masuk maupun menyebabkan infeksi kalau kita menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang menyentuh permukaan mengandung virus.

Berdasarkan aturan resmi WHO, satu poin penting yang perlu dilakukan mencegah penularan adalah menjaga kebersihan. Maka, lakukan hal berikut ini:

  • Rutin cuci tangan dengan sabun dan air atau dengan hand sanitizer Langkah ini bertujuan membunuh virus di tangan.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atauapun mulut. Tangan menyentuh banyak permukaan dapat membawa virus, lalu dari sini virus masuk ke tubuh bila kita menyentuh wajah.

Bagaimana kita bisa turut mencegah penyebaran virus?

Lakukan beberapa hal berikut ini, maka kita sudah turut mencegah penyebaran virus:

  • Tutup mulut saat batuk dan bersin.
  • Tidak menyentuh wajah bila belum cuci tangan dengan air dan sabun.
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.
  • Segera buang tisu bekas bersin. Tujuannya adalah menghindari air liur yang mengandung virus menyebar ke orang lain.
  • Jaga jarak dengan orang lain setidaknya dua meter, sekitar dua kali bentangan tangan satu sama lain.
  • Saat keluar rumah dan bertemu orang lain, hindari berjabat tangan. Lebih baik cukup lambaikan tangan atau mengangguk.

Momen di mana tingkat paling menular adalah ketika orang yang terinfeksi menunjukkan gejala. Meski memang, ada juga pandangan bahwa penularan terjadi bahkan sebelum tampak gejala sakit. Ketahui beberapa gejala terinfeksi COVID-19 berikut ini:

  • Virus corona menginfeksi paru-paru serta seluruh bagian sistem pernapasan. Gejala dimulai dengan demam yang kemudian diikuti batuk kering sehingga mengganggu pernapasan.
  • Batuk berlangsung terus menerus, lebih dari satu jam. Bahkan, ada tiga atau lebih serangan batuk dalam 24 jam, khususnya kalau batuk lebih parah daripada biasanya.
  • Rata-rata memakan rentang waktu lima hari untuk mulai memperlihatkan gejala. Namun, pada beberapa orang gejala bisa muncul lebih lama lagi.
  • WHO mengungkapkan, bahwa masa inkubasi penyakit bisa berlangsung selama 14 hari.
  • Spesialis THT di Inggris juga mengamati ada peningkatan gejala anosmia (istilah untuk kehilangan indera penciuman).

Sejumlah orang di media sosial juga melaporkan kehilangan indera penciuman dan perasa, dan di antaranya telah dites positif terinfeksi virus corona. Akan tetapi, bukti menunjukkan ini hanya terjadi sesekali. Terlebih, flu biasa juga menyebabkan kehilangan indera penciuman dan perasa. Maka dari itu, konfirmasi penyakit hanya bisa dilakukan melalui tes laboratorium. Jagalah selalu kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat serta cuci tangan secara teratur, ya!

Source : BBC.com

© 2020 Handy Clean. All Rights Reserved