ARTICLES

WHO dan FIFA Bersatu dalam Kampanye Kesehatan: 5 Langkah Mengusir Virus Corona

oleh Admin

FIFA, badan internasional yang mengatur sepak bola dunia, bekerja sama dengan WHO melakukan kampanye kesehatan untuk memerangi virus Corona (COVID-19). Menggandeng para pemain sepak bola paling andal, kedua badan ini mengajak seluruh orang di dunia untuk mengikuti 5 langkah kunci menghentikan penyebaran virus.

Kampanye bertajuk “pass the message to kick out coronavirus” mempromosikan 5 langkah kunci yang perlu diikuti untuk menjaga kesehatan berdasarkan panduan WHO. Langkah-langkah tersebut berfokus pada aturan cuci tangan, batuk, menyentuh wajah, jarak fisik, dan tetap di rumah.

“Sejak awal, Presiden FIFA, Gianni Infantino secara aktif terlibat dalam menyampaikan pesan melawan pandemi,” ungkap Direktur Umum WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam peluncuran virtual kampanye tersebut di kantor pusat WHO, di Geneva, Swiss.

Ghebreyesus menambahkan, “Baik melalui kampanye atau pendanaan, FIFA terus berusaha melawan penyebaran virus Corona. Saya merasa senang dunia sepak bola mendukung WHO untuk ‘menendang’ jauh virus Corona. Saya yakin dengan bentuk dukungan seperti ini, kita akan menang,”

“Kita membutuhkan kerjasama tim melawan virus Corona,” ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino. “FIFA bekerjasama dengan WHO karena kesehatan adalah yang utama. Saya memanggil komunitas sepak bola dunia untuk bergabung mendukung kampanye ini agar semakin meluas. Beberapa pemain andal telah mengambil bagian untuk mencantumkan nama mereka dalam kampanye, karena kami memiliki tekad yang sama untuk menyampaikan pesan melawan COVID-19 ini,”

Dua puluh delapan pemain terlibat dalam video kampanye, yang dirilis dalam 13 bahasa. Pemain-pemain tersebut antara lain Sami Al Jaber (KSA), Alisson Becker (BRA), Emre Belözoğlu (TUR), Jared Borgetti (MEX), Gianluigi Buffon (ITA), Iker Casillas (ESP), Sunil Chhetri (IND), Youri Djorkaeff (FRA), Han Duan (CHN), Samuel Eto’o (CMR), Radamel Falcao (COL), Laura Georges (FRA), Valeri Karpin (RUS), Miroslav Klose (GER), Philipp Lahm (GER), Gary Lineker (ENG), Carli Lloyd (USA), Lionel Messi (ARG), Mido (EGY), Michael Owen (ENG), Park Ji-sung (KOR) , Carles Puyol (ESP), Célia Šašić (GER), Asako Takakura (JPN), Yaya Touré (CIV), Juan Sebastián Verón (ARG), Sun Wen (CHN) and Xavi Hernández (ESP).

Video kampanye tersebut dirilis dalam saluran digital resmi FIFA, yang juga tersedia dalam bentuk dokumen individu untuk 211 anggota asosiasi FIFA dan agensi media, disertai grafis untuk implementasi di sosial media bertujuan penyampaian pesan semakin meluas.

LANGKAH 1 -TANGAN

“Semua berawal dari tangan kita,” kata Alisson Becker, duta besar WHO Goodwil untuk promosi kesehatan, sekaligus kiper tim nasional Brazil dan klub Liverpool FC. Allison juga merupakan kiper terbaik FIFA tahun 2019, ia menambahkan, “Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air atau bahan dasar alkohol bila memungkinkan.”

Cuci tangan dengan teratur membunuh virus yang bersarang pada tangan. Cara yang sangat sederhana tapi paling penting.

LANGKAH 2 - SIKU

“Tutup hidung dan mulut dengan siku (lengan bagian dalam) atau menggunakan tisu saat bersin atau batuk,” kata Carli Lloyd, pemenang FIFA Women’s World Cup dua kali berturut-turut asal Amerika Serikat. “Segera buang tisu dan cuci tangan.”

Droplets menularkan virus Corona. Dengan mengikuti langkah kebersihan ini, kita melindungi orang sekitar dari kontak vitus, baik demam, flu, maupun virus Corona.

LANGKAH 3 – WAJAH

“Hindari menyentuh wajah, terutama mata, hidung, atau mulut untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh,” tambah pemain FC Barcelona dan Argentina Lionel Messi, ia juga pemain terbaik FIFA tahun 2019 dan beberapa kali mendapat penghargaan FIFA Ballon d’Or.

Tangan kita menyentuh sangat banyak hal dan sangat cepat mengangkat virus. Sekali terkontaminasi, virus pada tangan bisa berpindah ke wajah, lalu masuk ke tubuh dan menginfeksi.

LANGKAH 4 – JARAK

“Jaga jarak dalam interaksi sosial,” kata Han Duan, representatif PR Tiongkok sebanyak 188 kali dalam karirnya selama 11 tahun. “Setidaknya jaga jarak satu meter dari orang lain.”

Dengan menjaga jarak sosial, kita membantu mencegah orang terkena droplets dari seseorang yang bersin atau batuk dalam jangkauan dekat.

LANGKAH 5 – RASA

“Bila merasa tidak sehat, tetap di rumah,” tambah Samuel Eto’o, mantan pemain FC Barcelona dan Cameroon, yang sudah bertanding mewakili negaranya 114 kali. “Ikutilah seluruh himbauan yang diberikan pihak berwenang wilayah masing-masing.”

Bila mengalami demam, batuk, dan gangguan napas, segera cari bantuan medis dengan cara menelepon terlebih dahulu. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk dibawa ke rumah sakit rujukan. Cara ini juga bertujuan melindungi diri dan mencegah penyebaran virus ataupun infeksi lainnya.

FIFA juga mengucurkan dana sebesar 10 juta USD untuk mendukung COVID-19 Solidarity Response Fund for WHO.

 

Souce : https://www.who.int/

© 2020 Handy Clean. All Rights Reserved